Muchdi Pr Bebas; Keluarga Munir: Pengadilan Gagal Ungkap Kejahatan Kelompok Canggih

M. Rizal Maslan – detikNews
http://www.detiknews.com/read/2008/12/31/175523/1061657/10/keluarga-munir-pengadilan-gagal-ungkap-kejahatan-kelompok
-canggih
Rabu, 31/12/2008 17:55 WIB

Jakarta – Keluarga besar almarhum aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir tampak kecewa dengan putusan bebas Muchdi PR. Keluarga berharap dukungan masyarakat untuk lebih solid memperjuangkan kebenaran dan keadilan dalam mengungkap siapa tokoh utama pembunuh Munir.

Suasana kecewa dan keharuan terlihat dalam aksi orasi dan kesenian yang dihadiri ratusan orang yang tergabung dalam Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (KASUM) di kantor Kontras, Jl Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/12/2008).

“Ini adalah puncak dari kasus penyelesaian pengungkapan pembunuhan Munir. Kenyataannya, musuh yang kita hadapi lebih canggih,” kata kakak kandung almarhum Munir, Mufid Thalib, dalam orasinya tersebut.

Mufid menyatakan, pengadilan telah gagal untuk mengungkap kejahatan kelompok yang cangggih.

“Hari ini menjadi titik balik bagi kita untuk menuju ke depan yang lebih bagus untuk menghadang mereka (pelaku pembunuhan Munir). Mereka lebih cantik permainannya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Mufid berharap semua kalangan yang peduli dengan penegakan hukum dan HAM di Indonesia untuk tetap bersemangat dan merapatkan barisan menghadapi kejahatan yang sangat tertutup rapi itu.

Hal yang sama juga diungkapkan istri almarhum Munir, Suciwati.

Suciwati mengatakan, jalan perjuangan untuk mencari kebenaran dan keadilan masih panjang. “Tidak apa hari ini kita kalah, tapi maju untuk menang. Kita harus konsolidasi lebih baik, karena para penjahat itu solid dan rapi. Keadilan dan kebenaran harus sama-sama kita perjuangkan,” tegasnya lagi.

Dalam aksi tersebut, juga diramaikan dengan orasi, pembacaan puisi dan musik. Sementara semua perwakilan LSM yang tergabung dalam Kasum melakukan rapat tertutup.(zal/nwk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: