Presiden Susilo Bambang Yudhoyono: Abad 21 Indonesia Maju

Jakarta, Jumat, 23 Maret 2007

jurnas1

http://www.jurnalnasional.com/new2/?KR=JURNAS&NID=24760

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla menyaksikan peluncuran buku bertajuk Kerangka Dasar Visi Indonesia 2030 buah karya Yayasan Indonesia Forum di Istana Negara, Kamis (22/3).

Hadir Menteri Koordinator Perekonomian Boediono, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kapolri Jenderal Sutanto, Panglima TNI Marsekal Joko Suyanto dan Menteri Pertanian Anton Apriyantono.
“Saya yakin bahwa dalam abad ke-21 ini, Indonesia akan mampu menjadi negara yang maju dan sejahtera,” kata Presiden.

Menurut Presiden, pemikiran yang tertuang dalam buku Kerangka Dasar Visi Indonesia 2030 memiliki visi dan misi yang sama dengan semangat UU No.17 tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025. “Kedua pemikiran tersebut memiliki semangat yang sama, tujuan yang sama, dan akan mempermudah kerja sama kita semua,” ujar Presiden.

Presiden menerangkan, sebuah negara harus memiliki ambisi serta tujuan untuk melangkah kemana beberapa tahun mendatang. UU No. 17 tahun 2007 tersebut menjadi tuntunan dan rujukan dalam pembangunan nasional Indonesia.

“Visi Indonesia tahun 2025 dalam UU ini adalah Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. Juga terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang bermoral, berbudaya dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila, mewujudkan masyarakat yang demokratis berdasarkan hukum, mewujudkan Indonesia yang aman, damai dan bersatu, pemerataan pembangunan yang berkeadilan serta Indonesia yang asri dan bersatu yang bisa memelihara kesinambungan pembangunan,” kata Presiden.

Untuk bisa mencapai semua itu, lanjut Presiden, kuncinya ada pada komitmen dari kepemimpinan nasional untuk mencapai cita-cita tersebut dari periode ke periode. Selain itu, harus ada konsistensi serta kepedulian yang kuat dari rakyat.

Ketua Yayasan Indonesia Forum Chairul Tanjung mengatakan Visi 2030 memang terlihat suatu lompatan yang jauh ke depan. “Namun, saya tidak melihat Presiden (Yudhoyono) ragu soal visi 2030 yang disampaikan yayasan. Justru, Presiden sangat yakin terhadap masa depan Indonesia,” kata Chairul Tanjung yang juga pemilik Group Para.

Visi Indonesia 2030 merupakan pemikiran Yayasan Indonesia Forum sebagai komponen bangsa yang memimpikan Indonesia sejajar dengan negara-negara besar dunia, dihuni oleh masyarakat yang sejahtera, dengan kemajuan ekonomi yang dinikmati merata oleh setiap warga negara Indonesia.

Visi Indonesia 2030 tersebut ditopang oleh empat pencapaian utama, yaitu pengelolaan kekayaan alam yang berkelanjutan, mendorong Indonesia supaya masuk dalam 5 besar kekuatan ekonomi dunia dengan pendapatan perkapita sebesar US$18 ribu per tahun, perwujudan kualitas hidup modern yang merata, serta mengantarkan sedikitnya 30 perusahaan Indonesia dalam daftar Fortune 500 Companies. (Sally Piri )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: