Hasyim upayakan kembalikan Lord Minto

Hilda Sabri Sulistyo
Kamis, 24/01/2008 17:17 WIB

ykhd-hasyim1

http://web.bisnis.com/senggang/seni-budaya/1id40416.html

JAKARTA: Hasyim Djojohadikusumo akan membantu pemerintah untuk mendapatkan kembali prasasti Minto atau dikenal dengan nama batu Lord Minto bertahun 928 Masehi? berasal dari daerah Ngandat, Malang, yang kini berada di Skotlandia untuk ditempatkan di Museum Nasional.

“Pihak keluarga Lord Minto akan membahas kemungkinan pengembalian prasasti ini pada Maret 2008. Kami harapkan sebelum akhir tahun prasasti yang tingginya mencapai 2 meter dan beratnya lebih tiga ton tersebut sudah dapat disimpan di Museum Nasional di Jakarta,” kata ketua Yayasan Keluarga Hasyim Djojohadikusumo¬† (YKHD) itu siang ini.

Dia menyambut baik permintaan Dirjen Sejarah dan Purbakala (Sepur) Depbudpar Hari Untoro Drajat agar peran serta masyarakat dalam melestarikan cagar budaya Indonesia ditingkatkan. “Kami memahami masalah pelestarian budaya benda purbakala adalah kerja besar yang membutuhkan partisipasi publik. Kami banyak membeli benda-benda purbakala Indonesia dari tangan kolektor di luar negri untuk dikembalikan pada pemerintah,” ujarnya di Depdiknas.

Menurut sejarah, prasasti Minto pernah diberikan oleh Sir Stamford Raffless kepada Lord Minto pada 1814 sebagai upeti. Lord Minto adalah Gubernur Jendral Inggris di India yang menjadi atasan Raffles. Batu yang dikenal pula dengan nama Sangguran ditulis dalam aksara dan bahasa Jawa kuno dan dirawat keluarga Lord Minto secara turun temurun selama dua abad dan Minto ini dikenal juga sebagai batu yang membawa kutukan.

Hasyim mengatakan dari pihak keluarga Lord Minto sendiri memang sudah ada niatan untuk mengembalikannya pada pihak Indonesia tinggal menentukan masalah penggantian jasa perawatan dan pihaknya mengharapkan bisa negoisasi? harga dengan baik. (Ln) bisnis.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: